Skip to main content

Pemikiran yang Baru

Alih-alih melihat anak-anak melalui lensa kurva distribusi normal — beberapa anak secara alami pintar dan yang lain tidak—Paradigma The Leader in Me melihat bahwa setiap anak mampu, setiap anak adalah pemimpin. Paradigma ini mengubah semuanya.

SPM mendapat kehormatan menjadi Sekolah Lighthouse yang pertama diluar Amerika Serikat. Kami telah menjalankan program the Leader in Me sejak 2009 dan pelajar kami telah menikmati hasilnya. Perjalanan menjadi sekolah Lighthouse mempunyai arti bahwa kami telah mengadopsi the Leader in Me dengan standar tertinggi dan terus sampai ke tingkat terbaik.

The Leader in Me adalah model transformasi seluruh sekolah yang bertindak seperti sistem operasi komputer—meningkatkan kinerja semua program lainnya. Berdasarkan The 7 Habits of Highly Effective People, The Leader in Me membekali siswa dengan kepercayaan diri dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk berkembang dalam ekonomi abad ke-21.

Dapatkah SPM dipenuhi oleh siswa yang bertanggung jawab, yang menunjukkan inisiatif, yang kreatif, yang tahu cara menetapkan tujuan dan bertemu dengan mereka, yang bergaul dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan budaya, dan bisa menyelesaikan konflik dan masalah?

Ini terjadi di sekolah Leader in Me di seluruh negara. Dimulai di tahun 1999 ketika berjuang untuk mempertahankan sekolah, Sekolah Dasar A.B. Combs diminta untuk mengubah dirinya atau ditutup. Ketika Kepala Sekolah, ibu Muriel Summers bertanya kepada orang tua dan pemimpin bisnis tentang apa yang mereka inginkan di sekolah mereka, dia mendapat masukan dibawah ini:

  • Kepemimpinan
  • Akuntabilitas
  • Adaptasi
  • Inisiatif dan Pengarahan Diri
  • Keterampilan Lintas Budaya
  • Tanggung Jawab
  • Problem Solving
  • Komunikasi
  • Kreatifitas
  • Kerjasama Tim

Masukan-masukan ini mewakili apa yang diharapkan kebanyakan orang — bahwa sekolah-sekolah kita seharusnya tidak hanya terfokus pada peningkatan nilai ujian, tetapi harus memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan potensi penuh mereka. Saat Ibu Muriel mencari jawaban, dia menghadiri seminar 7 Habits  dan mengenali seberapa komprehensif kebiasaan itu dalam memenuhi kebutuhan yang sama yang diungkapkan oleh komunitasnya. Dia dan stafnya mengembangkan tema kepemimpinan dan misi sekolah: Untuk Mengembangkan Para Pemimpin, Satu Anak Setiap Saat. Mereka mengajarkan 7 Habits bukan sebagai kurikulum, tetapi dengan cara yang umum, mengintegrasikannya ke dalam kurikulum, tradisi, sistem, dan budaya sekolah A.B. Combs.

Ibu Muriel Summers, Kepala Sekolah Dasar of A.B. Combs duduk di antara para pebisnis, dia bertanya-tanya mengapa 7 Habits tidak diajarkan kepada orang muda.

Di tahun 2006, A.B. Combs menjadi sekolah pertama di Amerika Serikat yang mengaplikasikan 7 Habits. Model kepemimpinan mulai direplikasi oleh sekolah lain dengan hasil serupa. Di tahun 2008, Dr. Stephen R. Covey mempublikasikan buku The Leader in Me, yang mendokumentasikan model Leadership yang dipelopori oleh sekolah-sekolah ini dan hasilnya bagi staf, siswa, orang tua, dan masyarakat.

Publikasi kedua buku ini juga menyoroti pencapaian SPM dan perjalanannya yang berkelanjutan.

Habit 1: Be Proactive

Diartikan: Saya orang yang bertanggung jawab. Saya mengambil inisiatif. Saya memilih tindakan, sikap, dan suasana hati saya. Saya tidak menyalahkan orang lain atas tindakan saya yang salah. Saya melakukan hal yang benar tanpa diminta, bahkan ketika tidak ada yang melihat.
Tindakan: Saya adalah orang yang proaktif dengan memastikan kata-kata dan tindakan saya membantu menjadikan Sekolah Makna tempat yang aman dan positif bagi semua orang.
Sinyal Tangan: Tempatkan ibu jari Anda ke dada Anda.

Habit 2: Begin with the End in Mind

Diartikan: Saya merencanakan ke depan dan menetapkan tujuan. Saya melakukan hal-hal yang memiliki makna dan membuat perbedaan. Saya adalah bagian penting dari kelas saya dan berkontribusi pada misi dan visi sekolah saya. Saya mencari cara untuk menjadi warga negara yang baik.
Tindakan: Saya mulai dengan tujuan akhir dengan mencari cara untuk menjadi siswa yang membuat pilihan yang baik yang membantu kita semua menjadi sukses
Sinyal Tangan: Mulai (arahkan ke kaki Anda) Dengan berakhir (kedua tangan menunjuk ke langit) dipikiran (arahkan ke kepala Anda).

Habit 3: Put First Things First

Diartikan: Saya menghabiskan waktu saya untuk hal-hal yang paling penting. Saya mengatakan tidak pada hal-hal yang saya tahu seharusnya tidak saya lakukan. Saya menetapkan prioritas, membuat jadwal, dan mengikuti rencana saya. Saya disiplin dan terorganisir.
Tindakan: Saya mengutamakan yang penting dengan menggunakan waktu dengan bijaksana sehingga pekerjaan saya selesai dan saya mengatakan tidak untuk hal-hal yang menghalangi saya menjadi orang yang positif dan sukses.
Sinyal Tangan: Angkat jari telunjuk Anda setiap kali Anda mengucapkan kata "pertama."

Habit 4: Think Win-Win

Diartikan: Saya menyeimbangkan keberanian untuk mendapatkan apa yang saya inginkan dengan mempertimbangkan apa yang diinginkan orang lain. Ketika konflik muncul, saya mencari solusi win-win.
Tindakan: Saya berorientasi kearah solusi menang-menang dengan bekerja secara positif dengan orang lain sehingga kita semua belajar dan tumbuh sebagai individu.
Sinyal Tangan: Pikirkan (arahkan ke kepala Anda) Menangkan (satu tangan keluar, telapak terbuka) Menangkan (tangan yang lain keluar, telapak terbuka).

Habit 5: Seek First to Understand, Then to Be Understood

Diartikan: Saya mendengarkan ide dan perasaan orang lain. Saya mencoba untuk melihat sesuatu dari sudut pandang mereka (paradigma). Saya mendengarkan orang lain tanpa menginterupsi. Saya mendengarkan dengan telinga saya, mata saya, dan hati saya. Saya yakin menyuarakan ide-ide saya.
Tindakan: Saya berusaha untuk memahami dan kemudian dipahami dengan menjadi pendengar yang baik dan dengan bersikap hormat dan berani dalam berbagi ide-ide saya.
Sinyal Tangan: Letakkan tangan Anda di atas alis Anda seperti Anda melihat ke cakrawala, lalu potong kedua tangan di belakang telinga Anda.

Habit 6: Synergize

Diartikan: Saya menghargai kekuatan orang lain dan belajar dari mereka. Saya bergaul dengan baik dengan orang lain, bahkan orang-orang yang berbeda dari saya. Saya bekerja dengan baik dalam kelompok. Saya mencari ide orang lain karena saya tahu bahwa dengan bekerja sama dengan orang lain, kita dapat menciptakan solusi yang lebih baik daripada siapa pun dari kita yang bisa sendirian. Saya mencari Alternatif Ketiga.
Tindakan: Saya bersinergi dengan bersosialisasi dan bekerja sama dengan orang lain.
Sinyal Tangan: Letakkan tangan Anda ke lengan yang berlawanan dan ambil lengan bawah Anda. Lalu kibaskan tangan Anda ke atas dan ke bawah seperti "mixer."

Habit 7: Sharpen the Saw

DiartikanSaya merawat tubuh saya dengan makan dengan baik dan benar, berolahraga, dan cukup tidur (tubuh). Saya belajar dengan banyak cara di banyak tempat, tidak hanya di sekolah (otak). Saya menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman (hati). Saya meluangkan waktu untuk menemukan cara-cara yang bermakna untuk membantu orang (jiwa). Saya menyeimbangkan keempat bagian diri saya.
Tindakan: Saya mengasah fisik dan mental saya dengan berolahraga dan menghabiskan waktu bersama teman-teman saya.
Sinyal Tangan: Seperti sedang menggergaji pohon.

Join Us On A School Tour or
Talk to Our Dedicated Team to Learn More About Our Award Winning School.