Skip to main content

Pembentukan Karakter

The 7 Habits of Highly Effective People & The Leader in Me

Sebagai Sekolah International Lighthouse Pertama diluar Amerika dan Kanada yang berlisensi untuk mengimplementasikan Program Leader In Me, Sekolah Perkumpulan Mandiri menggunakan 7 Habits by Stephen R. Covey. Program ini melingkupi siswa dari TK sampai SMA. Program ini mengajarkan Kepemimpinan Abad 21 dan keterampilan hidup, yaitu:

  • Kepemimpinan
  • Tanggung Jawab
  • Akuntabilitas
  • Penyelesaian Masalah
  • Adaptasi
  • Komunikasi
  • Inisiatif dan Pengarahan Diri
  • Kreativitas
  • Keterampilan Lintas Budaya
  • Kerjasama Tim

The Leader in Me juga sejalan dengan banyak standar akademik nasional dan di negara bagian di Amerika. Proses ini mengajarkan siswa keterampilan yang dibutuhkan untuk keberhasilan akademik dalam pengaturan apa pun. 

The Leader in Me selaras dengan konten dan konsep di kelas yang dipraktekkan oleh para pemimpin pemikiran pendidikan global. Program ini menghasilkan proses yang logis, berurutan dan seimbang untuk membantu sekolah secara proaktif merancang budaya yang mencerminkan visi mereka tentang sekolah yang ideal.

Konferensi yang Dipimpin oleh Siswa

Buku rapor dan nilai-nilai yang tertera di dalamnya seringkali tidak mencerminkan secara keseluruhan tentang bakat dan perkembangan siswa. Inilah mengapa SPM membuat Konferensi yang Dipimpin oleh Siswa. Dalam konferensi ini, para siswa akan menyajikan kepada orang tua dan guru tentang tujuan mereka dan apa yang telah mereka lakukan untuk mencapai tujuan-tujuan ini dengan menunjukkan bukti, dan bertanggung jawab atas target yang mereka capai dan luput. Konferensi ini menempatkan pembelajaran yang kuat kepada siswa. Selain itu, ini adalah praktik yang luar biasa untuk dunia nyata, baik menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan dalam karir mereka.

Pemimpin Assembly (Upacara)

Sudah dipraktekkan oleh sekolah tradisional, namun SPM menambahkan keunikan tersendiri. Setiap Senin setiap kelas akan memiliki kesempatan untuk menjadi pemimpin Assembly. Kelas yang bertanggung jawab akan memiliki tugas-tugas berikut: memimpin kelas ke dalam Assembly, menjadi MC untuk Assembly, menyampaikan pesan mereka kepada rekan-rekan mereka yang lebih tua dan lebih muda.

Kode Kerjasama Kelas

Belajar cara berinteraksi dan bekerja dengan orang lain adalah keterampilan yang bisa diajarkan dari usia muda. Setiap kelas pada awal tahun ajaran sekolah menciptakan kode kerja sama, etos yang akan mereka jalani dan kerjakan yang mendorong pembelajaran yang efektif dan efisien. Jika siswa memiliki masalah maka kita kembali ke kode kerja sama mereka dan menemukan solusi yang baik untuk kedua belah pihak. Kode in dibagikan, dirancang dan diimplementasikan oleh siswa itu sendiri dan memungkinkan mereka untuk membentuk, membuat norma dan menyongsong masa depan.

Misi Kelas 9 dan Kode Kerjasama Kelas

"As a class, we are one, but individually we are diverse. Because of this, we can accomplish more. As a result, we can achieve our goals"

F ace your fear
U nite as a class
T eamwork is key
U nderestimate no one
R espect everyone
E veryone is equal

Leadership Day

Adalah perayaan tahunan seluruh sekolah dan dibuka untuk umum. Para siswa ditugaskan dalam semua aspek. Siswa menjadi MC, pemandu tur sekolah, mmembuat pertunjukan, membuka stand untuk menjual atau / dan menampilkan pekerjaan dan pencapaian mereka. Perayaan ini adalah untuk menunjukkan bahwa setiap siswa adalah pemimpin.

Leadership Day memberi kesempatan kepada siswa untuk memamerkan keterampilan kerja dan kepemimpinan mereka. Selama acara ini, siswa mengimplementasi dan menyampaikan pencapaian 7 Habits mereka. Mereka juga berbagi pengalaman kehidupan nyata yang berharga seperti Woodleigh student exchange program, Model United Nation, dan Need for Dash. Para siswa memamerkan Leadership Day mereka dalam lokakarya siswa & orang tua dan tur sekolah untuk para tamu. Learn more

Tim Lighthouse

Tim Lighthouse siswa terdiri dari Siswa dari semua nilai sekolah tinggi yang terlibat dalam perencanaan acara kepemimpinan dan mengambil bagian dalam peluang kepemimpinan sepanjang tahun sekolah. Mereka juga memberdayakan nilai-nilai 7 Habits  di lingkungan sekolah. Siswa harus melalui proses wawancara untuk dipilih sebagai anggota Tim Lighthouse. Setelah tim dibentuk, siswa akan memilih siapa yang akan memegang posisi di dalam tim.

Tugas-Tugas Kepemimpinan

Bagaimana siswa menambah nilai mereka di sekolah? Siswa boleh memilih bagaimana mereka ingin berkontribusi di kelas dan di seluruh sekolah, kontribusi berkisar dari Presiden Tim Lighthouse, Koordinator Acara hingga anggota tim kreatif. Karena itu, peluang tersedia bagi semua siswa untuk menambah nilai dan belajar dari hal tersebut.

Wildly Important Goals (Tujuan yang Sangat Penting)

Apa yang siswa ingin capai tahun ini? Apa tujuan mereka yang bisa mereka kerjakan? Sebagai sekolah yang mempraktekkan pembelajaran seumur hidup, kita semua memiliki tujuan kita (Wildly Important Goals). Inilah beberapa di antaranya:

I want to make difference to the world and make it better. - Jr. High School Student

I want to prioritize my studies over entertainment. - Jr. High School Student 

To achieve maximum school credits - which leads to a scholarship. - Sr. High School Student

Need for DASH (Event Lari Bersama sebagai Kegiatan Sosial)

Siswa mengumpulkan dana untuk Bakti Sosial Masyarakat dengan mengatur event lari yang menyenangkan. Acara ini terbuka untuk siswa dari segala usia dan anggota keluarga. Semua dana yang terkumpul diinvestasikan ke proyek komunitas yang dipimpin siswa untuk membantu orang lain. Learn more

Program Homestead

Join Us On A School Tour or
Talk to Our Dedicated Team to Learn More About Our Award Winning School.